~ A R R O H I M ~

Sabtu, September 20, 2008

cerpen renungan (1)


Mendadak Ngemis (1)

Bulan Ramadan juga berarti bulan penuh berkah bagi pengemis dadakan. Mereka punya beribu trik untuk menghindari petugas.

LELAKI muda tinggi dan besar itu sedang makan di samping gerobak berukuran 1x2 meter. Sepintas orang tidak akan mengira jejaka 28 tahun itu pengemis. Sehari-hari Rudi yang tamatan SMA bekerja sebagai buruh penggilingan padi terbesar di sebuah kecamatan di Kendal, Jawa Tengah.

Muhammad Sahruddin alias Rudi, demikian dia biasa disapa, menjadi pengemis musiman sejak dua tahun silam. Dia membawa gerobak untuk tempat tidur serta peralatan lain seperti terpal kecil, tikar, payung, dan pakaian. Anak kedua dari empat bersaudara ini tidak lupa menyiapkan peralatan untuk mengemis.

Pria ini berangkat dari Kendal ke Jakarta naik kereta barang. “Soalnya kalau naik kereta barang lebih murah. Paling-paling ngadepin preman-preman kereta, dikasih seribu rupiah juga mingkem (diam),” ujarnya.

Awalnya pria berkulit hitam ini juga tidak menduga dia berani memilih profesi peminta-minta. Karena tergiur keberhasilan dua kawan sedesanya, akhirnya pekerjaan itu dilakoni juga. “Mulanya itu temen saya sekampung, si Dedi ngilang pada bulan puasa. Sebulan dicari keluarganya, eh pas dua hari setelah Lebaran muncul. Bawa duit banyak lagi. Terus dia cerita kerja di Jakarta. Nah, habis itu saya tertarik,” ujarnya.

Pada tahun ketiga ini Rudi berharap memperoleh hasil lebih besar dari tahun lalu. Tahun lalu dia berhasil mengantongi Rp 4 juta. Uang tersebut digunakan untuk bersenang-senang pada hari raya. Bahkan dengan penghasilannya itu Rudi dapat membeli telepon selular berkamera yang dipakainya sampai sekarang. “Duitnya buat traktir saudara-saudara sama kasih bapak saya,” katanya.

Asyik mengobrol tiba-tiba ada bunyi getaran. Dengan malu-malu Rudi mengeluarkan ponselnya. Setelah itu dia melanjutkan cerita sambil membuka pesan pendek yang masuk ke telepon genggamnya. ”SMS dari bapak saya,” katanya. (Bersambung)

Tidak ada komentar:

Santai Yuuk



Ingin Tahu Berat Situs Anda?...Masukkan Alamat Situs Anda Pada Kotak Di Bawah Ini !...
Load Test - Submit Plus Load Test - Enter URL (60 sec):