~ A R R O H I M ~

Kamis, September 25, 2008

Cerpen Renungan (2)


Mendadak Ngemis (2)

"Biar orang-orang kasihan, saya pakai air tape buat dioles ke muka, tangan, dan kaki. Itu buat ngundang lalat."

RUDI bercerita mengapa membawa gerobak untuk mengemis. "Baru tahun kemarin saya pake gerobak, karena irit. Kalau untuk MCK, kan banyak WC umum," katanya.

Selama mengemis di Jakarta Rudi belum pernah terjaring petugas Satuan Polisi Pamong Praja. Dia licin menghindari razia. Setiap malam dia berpindah tempat. Terkadang dia mengemis di kawasan Kelapa Gading, hari berikutnya sudah mangkal di Atrium Senen. Begitu seterusnya."Wah ojo ngasilah (jangan sampai) ketangkap," katanya waswas.

Beberapa hari yang lalu Rudi hampir terjaring operasi Satpol PP. Namun keberuntungan masih berpihak kepadanya. Dengan cekatan dia berhasil melarikan diri. "Harus pinter-pinternya kitalah. Pindah-pindah. Kemarin hampir kena garuk, tapi saya sudah lari duluan. Gerobak saya umpetin di rumah orang, saya pura-pura nongkrong di warteg," ceritanya penuh semangat.

Rudi mengaku kesulitan jika harus memasang tampang memelas saat mengemis. Dia pun membuka "rahasia dagang" dalam menarik simpati. "Biar orang-orang kasihan, saya pakai air tape buat dioles ke muka, tangan, dan kaki. Itu buat ngundang lalat. Ya... kadang-kadang pakai menggigil segala. Tapi kalau hujan memang dingin banget," katanya.

Sejak baru mengemis di Jakarta Rudi memang akrab dengan panas, hujan, dan dingin udara. Dia pernah jatuh sakit. Waktu itu hujan mengguyur Jakarta selama dua hari. Badannya yang tegap tunduk pada cuaca dan lingkungannya. Rudi terserang flu dan demam yang mengharuskannya ke dokter klinik. Tak lama berselang dia terserang diare. Kondisi tubuh yang tidak fit justru dimanfaatkan Rudi untuk menarik simpati. Dia duduk di depan gerobaknya dengan topi terbalik. Dan, hari-hari sakitnya menjadi puncak penghasilannya. (Bersambung)

1 komentar:

AaTibandunk mengatakan...

Gw tuh orangnya mudah bngt teharu..tp kesel klo liat pengemis2 yg pada masih muda dan sehat..miris Hati gw lhat anak2 kecil yg jd pengemis dijaln2 pdahal Orng tua Mereka asyiik Duduk2 di tepi jaln lht ank2nya pada ngemis...EuuuuDaan..Monya Bikin Anak Doang !!!Udah Brojol Di Jadiin Pengemis..DOsa Apa Bngsa Ini iiiim...?????

Santai Yuuk



Ingin Tahu Berat Situs Anda?...Masukkan Alamat Situs Anda Pada Kotak Di Bawah Ini !...
Load Test - Submit Plus Load Test - Enter URL (60 sec):